Merdeka Belajar sebagai Acuan Pedagogik Membangun Literasi Matematis Siswa di Indonesia: Kajian Literatur

Authors

  • Sebastianus Fedi Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang
  • Iqbal Kharisudin Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Merdeka Belajar, Didaktik, Pedagogik, Literasi Matematis.

Abstract

Merdeka belajar bertujuan memberi kebebasan siswa berpikir dan berinovasi. Ini benar-benar sesuai prinsip Pendidikan memanusiakan manusia, karena siswa digembleng melalui kurikulum dan pembelajaran untuk mengembangkan dirinya secara bebas dengan tetap mengacu pada asesmen kompetensi dan karakter. Istilah literasi matematika mencakup banyak aspek yang mendukung tindakan ilmiah manusia, menembus batasan konsep matematika itu sendiri. Karena empat tahapan pokok literasi matematis mampu diwujudkan jika seorang manusia mampu mengerahkan kompleksitas potensi dirinya. Kajian ini dilakukan dengan systematic literature review untuk membahas konsep Merdeka Belajar, tindakan didaktis dan pedagogis, dan literasi matematis. Disimpulkan bahwa konsep merdeka belajar sangat cocok untuk pembentukan kemampuan literasi matematis. Ini sesuai dengan pendapat ahli, di antaranya Chevallard dan Bosch yang secara antropologis menenekankan lokasi kondisi dan kendala tertentu sebagai tantangan belajar siswa, yang membentuk system didaktis dan membutuhkan tindakan pedagogis para pendidik.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles