Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Pada Model Brain Based Learning Berbantuan MIT App Inventor

Authors

  • Rohmatin Zukhriya Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Adversity Quotient, Brain Based Learning Berbantuan MIT App Inventor.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai siswa dalam mencapai tujuan utama pembelajaran matematika. Namun fakta menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih sangat rendah. Hal ini didukung dari hasil Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2018, dimana memperlihatkan bahwa Indonesia berada diposisi peringkat ke 7 dari bawah yaitu 73 dari 79 negara lainnya yang mengikuti TIMMS lewat taksir rata-rata 397. Selain itu, skor Programme for International Student Assessment (PISA) tidak mengalami perkembangan yang substansial, yaitu selalu berada dibawah 400. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan beberapa sumber berupa artikel, jurnal, serta dokumen lain yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan MIT App Inventor dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan analisis untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah peserta didik ditinjau dari adversity quetient dengan mengimplementasikan model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan MIT App Inventor.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles