Literatur Review: Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Yoni Sunaryo Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang
  • Kristina Wijayanti Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

indikator, kemampuan komunikasi matematis.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai indikator kemampuan komunikasi matematis menurut banyak ahli. Pendapat para ahli yang beragam pada akhirnya menghasilkan indikator baru yang merupakan hasil dari kajian pendapat-pendapat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematics Literature Review yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui sintesis dan tinjauan terhadap literatur dari artikel yang diterbitkan antara tahun 2012 dan 2022, yang diakses melalui database Google Scholar. Sebanyak 12 artikel digunakan sebagai bahan kajian sintesis kualitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya irisan dari indikator kemampuan komunikasi matematis yang dikaji. Kesamaan tersebut adalah pada indikator: 1) penggunaan matematika dalam konteks kehidupan nyata; 2) menggunakan model, diagram, gambar, dan simbol untuk mewakili konsep atau ide matematika; 3) menjelaskan ide atau solusi dari permasalahan matematika dalam bentuk gambar. Berdasarkan hasil kajian literatur maka disusun indikator kemampuan komunikasi matematis sebagai berikut: 1)mampu menulis (written text), yaitu menjelaskan ide atau solusi dari suatu permasalahan atau gambar dengan menggunakan bahasa sendiri; 2)mampu menggambar (drawing), yaitu menjelaskan ide atau solusi dari permasalahan matematika dalam bentuk gambar; 3)mampu melakukan ekspresi matematika (mathematical expression), yaitu menyatakan masalah atau peristiwa sehari-hari dalam bahasa model matematika; 4)mampu mengidentifikasi apa yang diketahui, ditanyakan dan menjelaskan cara untuk menemukan jawaban; 5) memampuan menarik kesimpulan dari suatu permasalahan matematika.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles