Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Media Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual
Keywords:
Media Augmented Reality, Keterlibatan Siswa, Pemahaman Konseptual, Pembelajaran Matematika.Abstract
Pendidikan abad ke-21 perlu menekankan pada kemampuan bernalar, berpikir kritis, menghubungkan sains dengan dunia nyata, kemahiran dalam teknologi informasi, komunikasi dan bekerjasama. Hal ini membuat dunia pendidikan melakukan inovasi-inovasi yang berkelanjutan, salah satunya pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tiga aspek utama, yaitu (1) menyelidiki bagaimana penggunaan media AR mempengaruhi keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika, (2) mengevaluasi apakah penggunaan media AR meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, dan (3) menyelidiki bagaimana interaksi antara tingkat keteribatan siswa dan pemahaman konseptual dalam penggunaan media AR. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis beberapa artikel, jurnal dan dokumen lain yang relevan. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu mengatur, mensintesis, dan mengidentifikasi. Hasil studi menunjukan bahwa (1) penggunaan AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan merangsang minat siswa dalam pembelajaran matematika, (2) penggunaan AR dapat memperkuat pemahaman konsep matematika siswa dengan memberikan pengalaman visual yang membantu mengatasi hambatan pemahaman konsep, dan (3) terdapat hubungan positif antara tingkat keterlibatan siswa dan pemahaman konseptual, menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat keterlibatan siswa, semakin baik pemahaman konseptual matematika siswa. Dengan demikian, penelitian ini membawa kontribusi penting dalam memahami transformasi pembelajaran matematika melalui AR.