Penerapan STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pemecahan Masalah

Authors

  • Madda Salimatul Hikmah Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

STEM, Berpikir Kreatif Matematis, Pemecahan Masalah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merangkum hasil penelitian-penelitian yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) untuk menganalisis penelitian terdahulu yang relevan. Pencarian dilakukan melalui aplikasi Publish or Perish dengan existing search menggunakan Google Scholar, Semantic Scholar, dan Scopus. Pencarian tersebut menghasilkan 20 studi primer yang diterbitkan pada periode tahun 2018 – 2023 dan memenuhi kriteria. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pedekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemecahan masalah. Adapun model pembelajaran yang diintregasikan dengan STEM adalah Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Web dengan pendekatan STEM juga dapat dijadikan pedoman dalam menciptakan e-modul, dapat juga diberikan nuansa etnomatematika.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles