Studi Literatur: Model Pembelajaran Problem Based Learning Barbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Yuningsih Yuningsih Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Etnomatematika, Komunikasi Matematis, Rasa Ingin Tahu.

Abstract

Pembelajaran matematika, tentu sangat membutuhkan kemampuan komunikasi matematis untuk dapat menunjang keberhasilan belajar. Selain itu, dibutuhkan juga dalam menyelesaikan masalah. Komunikasi matematis dan rasa ingin tahu siswa dapat di tumbuhkan dalam penerapan model pembelajaran problem based learning Berbasis Etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika dapat meningkatkan rasa ingin tahu serta kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Dalam penelitian ini, peneliti mencari data atau informasi yang terkait dengan model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika, kemampuan komunikasi matematis, dan rasa ingin tahu. Hasil penelitian ini, didapat kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan rasa ingin tahu siswa. Sehingga dapat di jadikan acuan untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles