Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 16 Semarang

Authors

  • Sirilivia Khunaeni Universitas Negeri Semarang
  • Ahmad Aunur Rohman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kemampuan literasi numerasi, gaya kognitif, field independent, field dependent.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pentingnya literasi numerasi pada pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi numerasi adalah gaya kognitif. Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan dalam menggunakan angka, data, atau simbol dalam matematika. Kemampuan literasi numerasi peserta didik berbeda-beda, salah satu karena gaya kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan bagaimana kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari gaya kognitif pada materi bilangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 16 Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi numerasi peserta didik field independent pada kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi. Peserta didik dengan field independent sedang mampu memahami 2 indikator kemampuan literasi numerasi, dan peserta didik dengan field independent rendah hanya mampu memahami 1 indikator kemampuan literasi numerasi, (2) kemampuan literasi numerasi peserta didik field dependent pada kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi. Peserta didik dengan field dependent sedang mampu memahami 2 indikator kemampuan literasi numerasi, dan peserta didik dengan field dependent rendah hanya mampu memahami 1 indikator kemampuan literasi numerasi. Peserta didik field independent dan field dependent memiliki kemampuan literasi numerasi yang hampir sama. Namun, demikian peserta didik dengan gaya kognitif field independent bisa menjelaskan lebih detail dan jelas dari pada peserta didik dengan gaya kognitif field dependent.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles