Systematic Literatur Review: Efektifitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar siswa pada Pembelajaran Matematika Berbasis Media Pembelajaran Interaktif

Authors

  • Ika Yuningsih Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

PBL, Pemecahan Masalah, Minat Belajar, Media Pembelajaran Interaktif.

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan karena berbagai hal, diantaranya adalah model dan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan konsep pada materi pembelajaran. Matematika merupakan pelajaran yang bersifat asbtrak, sehingga salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa adalah dengan menggunaan model pembelajaran yang sesuai. Diantaranya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbasis media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah systematic literatur review, dalam metode ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data atau sumber rujukan yang berkaitan dengan topik dalam penelitian tersebut. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa model pembelajaran problem Based Learning berbasis media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles