Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematic)
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, STEM.Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan kognitif untuk meningkatkan keterampilan atau psikomotorik dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau menghasilkan suatu produk baru. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran matematika, siswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta memiliki kemampuan bekerja sama. Salah satu model pembelajaran yang bisa dikembangkan dan dapat meningkatan keterampilan berpikir kreatif pada siswa yaitu project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis beberapa jurnal, artikel, dan dokumen lain yang relevan. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa setalah diterapkannya model pembelajaran project based learning berbasis STEM. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis siswa dapat ditingkatnya dengan menerapkan model project based learning berbasis STEM.