Project Based Learning (PjBL) melalui Penyusunan Poster dengan Teknik Copywriting pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Detalia Noriza Munahefi Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Endang Retno Winarti Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Tri Sri Noor Asih Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Kholifatu Ulil Azmi Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Isnaini Rosyida Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Poster dengan Teknik Copywriting, Project Based Learning.

Abstract

Kesulitan dalam memahami matematika yang disebabkan pembelajaran bersifat abstrak. PjBL merupakan pembelajaran mendorong siswa aktif pada proses pembelajara untuk menghasilkan produk yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Poster sebagai perwujudan dari produk yang dapat dihasilkan siswa melalui kegiatan PjBL. Poster dapat menjadi media pembelajaran yang menarik bagi siswa jika pada proses pembuatannya melalui suatu Teknik tertentuk yakni Teknik copywriting. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Pembelajaran matematika dengan PjBL pada penyusunan poster dengan Teknik copywriting. Penelitian menggunakan metode penelitian studi literatur dengan melalui beberapa tahapan, yakni organize, synthesize, dan identify. PjBL melalui penyusunan Poster dengan Teknik Copywriting terdiri atas beberapa tahapan, yakni menyiapkan pertanyaan, merencanakan penyusunan poster terkait pembelajaran matematika dengan Teknik copywriting, pendampingan penyusunan poster terkait pembelajaran matematika dengan Teknik copywriting, memonitor siswa dalam menyelesaikan poster dengan Teknik copywriting, presentasi produk poster dengan Teknik copywriting yang dihasilkan. Poster yang dihasilkan dari kegiatan PjBL diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran matematika yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi.

Downloads

Published

2024-02-11

Issue

Section

Articles