Model Persamaan Struktural antara Kemampuan Koneksi Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Authors

  • Abdurrobbil Falaq Dwi Anggoro Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan, Koneksi matematika, Pemecahan masalah siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang hubungan langsung antara kemampuan koneksi matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal tersebut juga menguji model fit antara persamaan struktural teoretik dengan empirik. Jenis penelitian adalah expost facto. Populasi penlitian ini adalah 296 siswa pada salah satu SMP di Kota Bengkulu. Terdapat 100 siswa sebagai sampel yang dipilih secara acak sederhana dari populasi tersebut. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes kemampuan koneksi matematika. Data dianalisis melalui structural equation modeling yang dibantu program Lisrel 8.8 dan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien jalur sangat signifikan. Hal itu bermakna bahwa kemampuan koneksi matematika berhubungan langsung dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Simpulannya adalah peningkatan kemampuan koneksi matematika menyebabkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, dengan kontribusi kemampuan koneksi matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sebesar 36,36%.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles