Kajian Teori: Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan Liveworksheet
Keywords:
Penalaran Matematis, Kecemasan Matematika, Preprospec berbantuan TIK, Livewoksheet.Abstract
Matematika merupakan bidang ilmu yang sangat penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Matematika merupakan mata pelajaran yang diwajibkan dari mulai jenjang sekolah dasar hingga jenjang menengah atas. Dalam pembelajaran matematika, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan penalaran matematis dan mampu menerapkan kemampuan tersebut dalam menghadapi permasalahan matematika. Namun tidak jarang ditemui peserta didik di Indonesia masih mengalami kesulitan melakukan penalaran atau berpikir logis dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Hal ini ditunjukkan oleh rendahnya peringkat skor Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain pada studi PISA tahun 2022. Selain itu, terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis yaitu kecemasan matematika. Untuk membantu pengembangan kemampuan penalaran matematis serta menurunkan kecemasan matematika peserta didik, diperlukan model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran Preprospec berbantuan Liveworksheet dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan. Penggunaan Liveworksheet dalam model ini merupakan inovasi pada model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran Preprospec berbantuan Liveworksheet untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis yang ditinjau berdasarkan kecemasan matematika.