Peningkatan Computational Thinking Melalui Bahan Ajar Interaktif Etnomatematika Berbantuan Scratch dengan Model CBL

Authors

  • Muhammad Ramdhani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Emi Pujiastuti Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Challenge Based Learning, Computational Thinking, Bahan Ajar Interaktif, Scatch

Abstract

Computational Thinking (CT) adalah kemampuan pemecahan masalah yang berfokus kepada langkah-langkah sistematis yang algoritmik dan CT sangat dibutuhkan pada abad-21. Scratch merupakan bahasa pemrograman berbasis web yang dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan Computational Thinking secara interaktif pada anak. Dalam pembelajaran di sekolah, model Chalenge Based Learning (CBL) dapat digunakan dalam pembelajaran menggunakan media Scratch. CBL adalah kerangka pembelajaran yang efektif yang mendorong pembelajar untuk mengatasi tantangan lokal dan global sambil memperoleh berbagai ilmu pengetahuan yang diintegrasikan dengan matematika dalam etnomatematika. Metode penelitian ini memakai Research and Development (R&D) dengan tujuan mengetahui: tingkat kelayakan, tingkat keterbacaan, keefektifan, dan mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar interaktif berbantuan Scratch bernuansa etnomatematika Candi Gedong Songo dengan model Challenge Based Learning. Model R&D penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations) yang diimplementasikan pada desain penelitian one group pretest-post test design. Populasi berupa siswa kelas 7 SMP dengan sampel 30 siswa kelas 7B MTs N 1 Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tingkat kelayakan bahan ajar interaktif adalah sangat layak dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 91,6%; tingkat keterbacaan bahan ajar interaktif adalah baik dengan rata-rata persentase keterbacaan sebesar 81%; bahan ajar interaktif berbantuan Scratch dengan model Challenge Based Learning dinilai efektif dengan adanya perbedaan rata-rata sebelum dengan sesudah pengimplementasian bahan ajar, terdapat peningkatan kemampuan CT siswa sebelum dan sesudah sebesar 0,60 dengan kriteria sedang, dan tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 79,5; serta respon siswa terhadap bahan ajar adalah sangat baik dengan rata-rata persentasenya 85%.

Downloads

Published

2025-10-27

Issue

Section

Articles