Sekolah Karya Ilmiah: Mengoptimalkan Prestasi Mahasiswa melalui Penguatan Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Saravina Putri Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Asdi Elvistoni Universitas Negeri Semarang
  • Stefany Margaretha Hutauruk Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Karya Tulis Ilmiah, Prestasi, Sekolah Karya Ilmiah

Abstract

Pengembangan kompetensi mahasiswa menjadi tanggung jawab bersama sivitas akademika. Termasuk peningkatan prestasi mahasiswa yang tidak hanya menjadi bagian dari salah satu indikator kinerja utama, tetapi menjadi bagian dari eksistensi perguruan tinggi dalam kancah nasional dan internasional. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah prestasi mahasiswa pada program studi rumpun Matematika Universitas Negeri Semarang mengalami penurunan. Perlu ada kegiatan penguatan sehingga prestasi mahasiswa menjadi lebih optimal. Sekolah Karya Ilmiah menjadi salah satu alternatif dengan memberikan penguatan dan pengalaman mahasiswa terkait pengembangan karya ilmiah populer. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa akan dikenalkan beberapa ajang talenta nasional dan internasional, penguatan ide yang inovatif, tips & trick pembuatan karya ilmiah kreatif, kreasi poster, hingga pengembangan sajian presentasi dan teknik presentasi yang menarik. Hasil menenyebutkan bahwa peserta merasa puas atas pelaksanaan Sekolah Karya Ilmiah. Beberapa peserta mengaku mengalami peningkatan terhadap motivasi menulis karya ilmiah hingga kepercayaan diri dalam mengikuti kompetisia. Adapun beberapa karya ilmiah mahasiswa sudah dikompetisikan di berbagai kompetisi dan memperoleh prestasi terbaik. Dengan demikian, pelaksanaan sekolah karya ilmiah memberikan dampak postif terhadap motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kompetisi.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles