Kajian Teori: Pengembangan ABARUDA Berbantuan Software Construct 2 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Preprospec
Keywords:
Software Construct 2, Preprospec berbantuan TIK, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Di era modern ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, kemajuan teknologi perlu menjadi fondasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan kritis. Tujuan pembelajaran adalah kemampuan pemecahan masalah, yang sangat penting untuk dikuasai peserta didik selama kemajuan teknologi. Indonesia berada dalam kategori rendah dalam pengetahuan matematis dan kemampuan memecahkan masalah, menurut hasil The Programme for Internasional Student Assesment (PISA) 2022. Jadi ada perlunya inovasi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik memecahka masalah matematis. Pengembangan ABARUDA berbantuan software Construct 2 untuk meningkatknan kemampuan pemecahan masalah matemasi dengan model pembelajaran Preprospec. Ini dapat menjadi pilihan untuk mendukung proses pembelajaran matematis yang menarik, efektif, dan efisien. Memanfaatkan software Construct 2 membantu peserta didik memecahkan masalah matematis dalam materi bentuk aljabar dengan model pembelajaran Preprospec. Dalam artikel ini, dibahas bagaimana pengembangan ABARUDA berbantuan software Construct 2 meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model pembelajaran Preprospec. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran Preprospec, dan media ABARUDA berbantuan software Construct 2. Diharapkan pengembangan ABARUDA berbantuan software Constrcut 2 dengan model pembelajaran Preprospec akan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.