ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SETELAH PRAKTIK KERJA LAPANGAN PESERTA DIDIK SMK

Authors

  • Arie Setyani Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Praktik Kerja Lapangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi mata pelajaran matematika dengan konsentrasi keahlian Teknik Komputer Jaringan dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas XII SMKN 1 Dukuhturi setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 35 peserta didik. Teknik purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner terhadap peserta didik, dan dokumen hasil kerja peserta didik. Proses analisis data dilakukan melalui tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dan konsentrasi keahlian teknologi komputer dan jaringan kelas XI pada elemen instalasi jaringan nirkabel indoor dan outdoor terdapat korelasi yakni ketika peserta didik menentukan jarak rumah dari tower WiFi dan kekuatan sinyal yang diterima dan peserta didik menentukan kedudukan titik terhadap lingkaran, apakah terletak di dalam, pada atau di luar lingkaran. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam materi kedudukan titik terhadap lingkaran yang digunakan guru di kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Dukuhturi sudah terlaksana dengan baik dan efektif mendukung pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika. Umpan balik positif peserta didik terhadap model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning relevan dan bermanfaat untuk praktek kerja lapangan. Langkah-langkah pembelajaran dan keterlibatan peserta didik dalam pemecahan masalah dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap materi kedudukan titik terhadap lingkaran di kelas XII TKJ 1 SMKN 1 Dukuhturi dinilai baik dan berhasil. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles