Peran Media Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Azimatul Mubarrok Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluyo Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review (SLR).

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam penerapan media pembelajaran interaktif. Media interaktif menjadi salah satu solusi inovasi yang mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran, terutama dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis peran media pembelajaran interaktif dalam mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan analisis terhadap tujuh artikel ilmiah terkait penggunaan berbagai media interaktif, seperti e-modul, video animasi, komik online berbasis TPACK, aplikasi Geogebra, Google Slide, LKPD berbasis TPACK, dan strategi metakognitif. Proses review dilakukan melalui tiga tahap utama yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa semua media interaktif yang ditinjau memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. e-modul, video animasi, komik online berbasis TPACK, aplikasi Geogebra, Google Slide, LKPD berbasis TPACK, strategi metakognitif, game edukasi berbasis android, e-modul berbantuan kodular, terbukti valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi media interaktif dalam proses pembelajaran untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini juga merekomendasikan perlunya dukungan infrastruktur dan pelatihan guru untuk memastikan penggunaan teknologi yang optimal dalam pendidikan.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles