Studi Literatur: Teknologi 3D Printing sebagai Media Pembelajaran Matematika

Authors

  • Bagus Surya Maulana Universitas Negeri Semarang
  • Masrukan Masrukan Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nur Cahyono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Teknologi 3D Printing, Studi Literatur

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Saat ini, banyak sekali media pembelajaran yang digunakan dalam kelas. Pada Matematika, khususnya materi geometri, media pembelajaran sangat penting untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan 3D printing sebagai media pembelajaran matematika dan mengidentifikasi potensi dan implikasi teknologi 3D printing dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan cara studi literatur dengan melalui tiga tahap yaitu organize, synthesize, dan identify pada jurnal, artikel dan beberapa sumber dokumen lain yang relevan dengan penelitian ini. Sumber artikel yang digunakan dicari melalui alat pencari Publish or Perish baik dari artikel nasional atau artikel internasional dengan database dari Google Scholar dan Scopus. Hasil dari penelitian ini adalah 3D printing sangat berguna pada pembelajaran matematika, khususnya materi geometri atau materi yang berhubungan dengan bangun ruang. Teknologi 3D printing memberikan gambaran yang jelas dalam menyampaikan materi terkait bangun ruang secara konkrit kepada siswa. Saran dari penelitian ini adalah dilakukan penelitian lanjutan yang berfokus dalam pembelajaran matematika agar didapatkan hasil yang lebih maksimal.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles