Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning
Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, gaya belajar, problem based learning.Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Salah satunya adalah pendidikan matematika. Peserta didik yang belajar matematika dituntut untuk dapat menguasai kemampuan berpikir kritis. Akan tetapi pada faktanya kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini perlu dilakukan upaya untuk mengingkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan model pembelajaran di dalam kelas serta dengan memperhatikan kenyamanan belajar. Model yang dapat digunakan adalah model problem based learning yang menuntun peserta didik untuk aktif memecahkan masalah matematika yang terkait dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, gaya belajar yang juga memperhatikan cara belajar peserta didik yang merupakan bagian dari kenyamanan peserta didi menjadi salah satu aspek penting dalam pengupayaan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode studi literatur, yakni dengan mengkaji beberapa penelitian untuk kemudian menyimpulkan hasil. Berdasrkan beberapa penelitian terdahulu yang telah dikaji oleh peneliti, ditemukan bahwa model problem based learning terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu gaya belajar yang mana penerapan pada beberapa penelitian terdahulu adalah dengan mengelompokkan peserta didik sesuai gaya belajarnya juga terbukti efektif dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Akan tetapi, meski gaya belajar secara keseluruhan terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, namun setiap jenis gaya belajar memiliki tingkat berpikir kritis yang berbeda-beda.