Systematic Literature Review: Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Keywords:
Self-efficacy, Kemampuan Berpikir Kritis, Systematic Literature ReviewAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang memuat proses kognitif untuk menganalisis informasi yang ada, mengkaji masalah secara mendalam, serta menentukan kesimpulan dari data yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review yakni mengumpulkan dan mengevaluasi penelitian terkait dengan topik penelitian yang dipilih. Prosedur dalam systematic literatur review ini meliputi develop research question, selection criteria, developing the search strategy, the study selection process, apparaising the quality of studies. Pengumpulan literatur sebagai data penelitian dilakukan dengan mengkaji literatur yang merupakan artikel jurnal atau prosiding konferensi yang terindeks Scopus, Sinta dan Google Scholar dengan tahun publikasi maksimal 7 tahun terakhir (tahun 2018 – 2024). Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil yakni tingkat self-efficacy yang dimiliki siswa memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa.