Systematic Literature Review: Model Challenge Based Learning Mengunakan Pendekatan Etnomatematika Sebagai Bentuk Kontribusi Pada Pendidikan Berkualitas

Authors

  • Cholifah Cholifah Universitas Negeri Semarang
  • Dionisio Aquino Alves Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Challenge Based Learning, Etnomatematika, Pendidikan Berkualitas, SDGs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Challenge Based Learning berbasis pendekatan Etnomatematika sebagai kontribusi terhadap peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review, yang mencakup perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur, seleksi kriteria, analisis data, dan penyusunan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan model CBL dengan pendekatan Etnomatematika mampu meningkatkan motivasi, pemahaman, dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran matematika. Pendekatan Etnomatematika mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal, sehingga menciptakan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan memperkuat rasa cinta terhadap budaya. Model ini direkomendasikan sebagai inovasi pendidikan yang sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals untuk mencapai Pendidikan Berkualitas sesuai indikator SDGs.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles