Potensi Guru Matematika SMP di Eks Karesidenan Semarang dalam Mengembangkan Digitalisasi LKS Terintegrasi dengan Evaluasi sebagai Pendukung Mathematical Creativity Siswa
Keywords:
Digitalisasi, LKS, Evaluasi, Mathematical CreativityAbstract
Latar belakangnya, fasilitas di sekolah-sekolah dalam MGMP Matematika SMP se-Eks Karesidenan Semarang sudah memadai dan mendukung pembelajaran berbasis internet. Sarana yang tersedia meliputi: (1) Ketersediaan jaringan listrik yang mencukupi, (2) Akses internet melalui wifi sekolah dengan kapasitas yang mampu mendukung pembelajaran bagi 2 hingga 3 kelas secara bersamaan, serta (3) Guru-guru MGMP Matematika SMP di wilayah tersebut memiliki potensi untuk melaksanakan pembelajaran digital secara efektif. Tujuannya: Mengoptimalkan potensi guru MGMP Matematika SMP se-Eks Karesidenan Semarang dalam mengembangkan Digitalisasi LKS yang terintegrasi dengan Evaluasi. Metodenya, dengan Mixed Method yakni pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Pendekatan kuantitatifnya, sampelnya dipilih 20 guru-guru MGMP matematika SMP se-Eks Karesidenan Semarang. Tahap Kualitatif, subjek penelitiannya diambil 6 guru dari 20 guru-guru tersebut untuk diwawancarai, mengisi kuesioner dengan metode TAM. Hasilnya: (1) Mean = 86.550 dan (2) seluruh subjek penelitian menerima Digitalisasi LKS yang terintegrasi dengan Evaluasi sebagai inovasi pembelajaran yang mendukung pertumbuhan kreativitas matematis siswa dan perlu diadaptasi dalam proses pembelajaran.