Potensi Guru Matematika SMP di Eks Karesidenan Semarang dalam Mengembangkan Digitalisasi LKS Terintegrasi dengan Evaluasi sebagai Pendukung Mathematical Creativity Siswa

Authors

  • Emi Pujiastuti Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang
  • Endang Sugiharti Universitas Negeri Semarang
  • Mellia Andini Universitas Negeri Semarang
  • Anis Kusumawati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Digitalisasi, LKS, Evaluasi, Mathematical Creativity

Abstract

Latar belakangnya, fasilitas di sekolah-sekolah dalam MGMP Matematika SMP se-Eks Karesidenan Semarang sudah memadai dan mendukung pembelajaran berbasis internet. Sarana yang tersedia meliputi: (1) Ketersediaan jaringan listrik yang mencukupi, (2) Akses internet melalui wifi sekolah dengan kapasitas yang mampu mendukung pembelajaran bagi 2 hingga 3 kelas secara bersamaan, serta (3) Guru-guru MGMP Matematika SMP di wilayah tersebut memiliki potensi untuk melaksanakan pembelajaran digital secara efektif. Tujuannya: Mengoptimalkan potensi guru MGMP Matematika SMP se-Eks Karesidenan Semarang dalam mengembangkan Digitalisasi LKS yang terintegrasi dengan Evaluasi. Metodenya, dengan Mixed Method yakni pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Pendekatan kuantitatifnya, sampelnya dipilih 20 guru-guru MGMP matematika SMP se-Eks Karesidenan Semarang. Tahap Kualitatif, subjek penelitiannya diambil 6 guru dari 20 guru-guru tersebut untuk diwawancarai, mengisi kuesioner dengan metode TAM. Hasilnya: (1) Mean = 86.550 dan (2) seluruh subjek penelitian menerima Digitalisasi LKS yang terintegrasi dengan Evaluasi sebagai inovasi pembelajaran yang mendukung pertumbuhan kreativitas matematis siswa dan perlu diadaptasi dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles