Potensi Guru-guru SMPN 1 Ungaran dalam Pembuatan Digitalisasi LKPD dan Asesmennya sebagai Pendukung Soal-soal HOTS Matematis
Keywords:
Diguitalisasi LKPD, Asesmen, HOTSAbstract
Latar belakangnya, peningkatan kualitas pembelajaran di era digital sekarang ini, perlu dilakukan guru SMP, tidak terkecuali pada para guru di SMPN 1 Ungaran. Urgensinya: (1) Guru SMPN 1 Ungaran perlu dikenalkan dengan pembuatan Digitalisasi LKPD dan Asesmennya untuk mendukung kemampuan siswa mengerjakan soal-soal HOTS. (2) Fasilitas Wi-Fi yang ada di SMPN 1 Ungaran, perlu dioptimalkan untuk menggali potensi para guru. Tujuannya: Mendapatkan tingkat potensi guru-guru di SMPN 1 Ungaran dalam pembuatan Digitalisasi LKPD dan Asesmennya sebagai pendukung soal-soal HOTS Matematis dan lainnya. Metodenya, dengan Mixed Method yakni pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Pada pendekatan kuantitatifnya, sampelnya dipilih 51 guru SMPN 1 Ungaran. Pada tahap Kualitatifnya, subjek penelitiannya diambil 6 guru dari 51 guru SMPN 1 Ungaran untuk diamati, diwawancarai, dan ada kuesioner dengan metode TAM. Hasilnya: (1) Mean = 86.0471 dan semua subjek menerima kehadiran Digitalisasi LKPD dan Asesmennya sebagai pendukung soal-soal HOTS sebagai suatu Inovasi yang harus dihadapi.