Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Problem Based Learning

Authors

  • Farahita Yunandini Arumbifa Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Bahan Ajar, Etnomatematika, Gamelan Jawa, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning

Abstract

Matematika memiliki peranan penting di dunia pendidikan. Seiring berjalannya waktu, matematika juga mengalami perkembangan, terutama dalam konteks pembelajaran. Salah satu kemampuan yang dapat dikembangkan oleh peserta didik pada pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil studi PISA tahun 2022 dan TIMSS tahun 2015 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Pengembangan bahan ajar yang inovatif perlu dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Pengembangan bahan ajar bernuansa etnomatematika merupakan inovasi bahan ajar dengan menampilkan kearifan budaya lokal untuk membantu peserta didik dalam memahami matematika dengan cara yang lebih bermakna dan kontekstual serta memotivasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mereka. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis tersebut juga dapat didukung dengan penggunaan model Problem Based Learning yang dikaitkan dengan nuansa etnomatematika. Etnomatematika pada alat musik tradisional gamelan Jawa dapat dimanfaatkan dalam pengembangan bahan ajar pada materi lingkaran. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memaparkan bagaimana keterkaitan bahan ajar bernuansa alat musik tradisional gamelan Jawa pada materi lingkaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan penggunaan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil pembahasan, diperoleh hubungan antara bahan ajar, etnomatematika alat musik tradisional gamelan Jawa, materi lingkaran, model Problem Based Learning, dan kemampuan pemecahan masalah matematis saling berkaitan. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar bernuansa alat musik tradisional gamelan Jawa pada materi lingkaran dengan model Problem Based Learning secara teoretis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles