Kajian Teori: Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Model PBL dengan Pendekatan CRT Berbantuan Wordwall

Authors

  • Faza Intan Azzahra Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL, Pendekatan CRT, Wordwall.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kompetensi yang penting dan harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014, salah satu tujuan dari pembelajaran matematika adalah untuk mempersiapkan siswa agar mampu memecahkan masalah matematika. Namun, data dari berbagai jurnal menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia masih rendah, dengan hanya 35% siswa yang menunjukkan minat tinggi terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada model PBL dengan pendekatan CRT berbantuan Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan CRT secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa. Oleh karena itu, inovasi dalam model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah matematika secara efektif.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles