Systematic Literature Review: Implementasi Budaya dalam Matematika pada Kurikulum Merdeka untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna

Authors

  • Hazel Salsabila Santoso Universitas Negeri Semarang
  • Alifia Sri Agustin Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Budaya, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka, Kemampuan Matematis.

Abstract

Kurikulum Merdeka di Indonesia memberikan peluang untuk mengintegrasikan kultur atau budaya ke dalam proses belajar mengajar di sekolah terutama pada mata pelajaran matematika. Integrasi budaya ke dalam pembelajaran matematika ini dapat menjadi upaya untuk melestariakan dan mengenalkan budaya kepada peserta didik. Harapannya implementasi budaya dalam kurkulum merdeka dapat meningkatkan kemampuan matematis dan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mata pelajaran matematika di kelas. Fokus penelitian ini adalah untuk memetakan riset-riset yang sudah ada terkait budaya, pembelajaran matematika, dan kemampuan matematis sebagai acuan untuk melakukan riset dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menerapkan metode Systematic Literature Review atau singkatannya SLR, dengan fokus pada penelitian yang terbit antara tahun 2016 hingga 2024. Hasil analisis memaparkan bahwa gabungan budaya lokal dalam proses belajar mengajar matematika tidak hanya menghasilkan pengalaman belajar yang bermanfaat bagi peserta didik, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif secara matematis, dan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal kepada peserta didik. Selain itu, pembelajaran berbasis budaya dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik secara signifikan. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan praktik pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan dengan budaya lokal.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles