Systematic Literature Review: Strategi Pembelajaran Literasi Numerasi Siswa Sekolah Menengah Pertama untuk Mendukung Tujuan Pendidikan Berkualitas dalam SDGs

Authors

  • Husnul Hotimah Universitas Negeri Semarang
  • Zulfa Dayyinati Fa’izulloh Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Literasi, Numerasi, SDGs.

Abstract

Selama beberapa tahun terakhir, literasi numerasi menjadi fokus utama dalam pendidikan untuk mendukung Pendidikan Berkualitas yang merupakan salah satu poin dari tujuan pendidikan berkualitas SDGs. Pendekatan yang sudah ada saat ini masih kurang menekankan keterampilan numerasi dan literasi yang dianggap tidak memadai dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global. Penelitian ini menggunakan Metode Systematic Literature Review dengan analisis bibliometrik berbantuan Publish or Perish dan VOSViewer untuk memetakan tren penelitian terkait strategi pembelajaran literasi numerasi di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama yang dianalisis dari tahun 2020 hingga 2024. Proses penelitian meliputi lima tahap yakni penentuan kata kunci, pencarian data, pemilihan dokumen, validasi data, dan analisis data. Hanya artikel dalam jurnal yang diterbitkan yang digunakan dalam analisis ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran literasi numerasi telah menarik perhatian luas di kalangan peneliti, dengan peningkatan jumlah publikasi yang signifikan sejak 2020. Berdasarkan analisis bibliometrik ditemukan 8 kluster dengan 51 topik. Topik utama mencakup "Strategi Pembelajaran", "Literasi Numerasi" dan “SDGs”. Hasil penelitian dengan analisis bibliometrik ini didapatkan bahwa terdapat strategi pembelajaran yang relevan digunakan untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa seperti pembelajaran aktif, integrasi konten literasi dan numerasi ke dalam mata pelajaran, memanfaatkan tegnologi pendidikan, serta pembelajaran berbasis proyek pada siswa jenjang SMP. Dengan strategi pembelajaran ini, diharapkan dapat digunakan guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa yang bertujuan untuk mendukung Pendidikan Berkualitas dalam SDGs. Melalui penelitian ini juga, diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di tingkat SMP.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles