Systematic Literature Review: Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Invany Idris Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Literasi matematika, pemecahan masalah matematis, model pembelajaran, systematic literature review, pendekatan inovatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Literasi matematika, yang mencakup kemampuan memahami, mengolah, dan mengomunikasikan informasi matematis, merupakan landasan penting dalam menyelesaikan masalah secara sistematis dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah melibatkan proses literasi dalam menginterpretasikan masalah, memilih strategi yang tepat, serta menerapkan konsep matematis untuk mencapai solusi.
Melalui pendekatan systematic literature review, penelitian ini mengkaji berbagai metode pembelajaran, seperti Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Problem-Based Learning, Project-Based Learning, Discovery Learning, dan Inquiry Learning. Metode-metode tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah, dengan menekankan keterlibatan aktif siswa, penggunaan media pembelajaran yang relevan, serta pengaitan konsep matematika dengan konteks kehidupan nyata.
Peran guru sangat penting dalam penerapan model pembelajaran tersebut. Guru tidak hanya bertugas mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan relevan, tetapi juga mendampingi peserta didik dalam memahami konsep dan menerapkan literasi matematika secara optimal. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan, seperti rendahnya pemahaman konsep dasar matematika, kesulitan dalam menginterpretasikan soal cerita, dan minimnya praktik soal literasi. Hambatan-hambatan ini dapat diatasi dengan kolaborasi antara guru, sekolah, dan lingkungan keluarga untuk menciptakan budaya literasi yang mendukung pembelajaran.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas literasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles