Systematic Literature Review: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah Menengah terintegrasi Kearifan Lokal Bangsa Indonesia

Authors

  • Irkhas Tri Rahmatussolihah Universitas Negeri Semarang
  • Anny Cahyani Dyah Ekowati Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar Matematika, Kearifan Lokal

Abstract

Artikel ini menyajikan tinjauan sistematis (Systematic Literature Review, SLR) mengenai pengembangan bahan ajar yang terintegrasi dengan kearifan lokal bangsa Indonesia, dengan fokus pada hasil belajar. Kearifan lokal memiliki peran penting dalam memperkaya pengalaman belajar siswa, meningkatkan pemahaman akademis, serta memperkuat identitas budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul merupakan bahan ajar yang paling sering digunakan dalam konteks ini, karena memberikan struktur yang jelas dan mendukung pembelajaran aktif. Analisis terhadap berbagai penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam bahan ajar berkontribusi positif terhadap hasil belajar, siswa menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan sosial. Siswa menjadi lebih termotivasi dan lebih baik dalam menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari dengan mengaitkan materi matematika dengan konteks budaya setempat. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan bahan ajar yang mengedepankan kearifan lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, perlunya kolaborasi antara pendidik dan komunitas lokal dalam pengembangan bahan ajar yang relevan dan efektif.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles