Kajian Teori: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Bahan Ajar PBL Bernuansa Etnomatematika Kawasan Menara Kudus
Keywords:
Etnomatematika, menara kudus, kemampuan berpikir kreatif.Abstract
Pembelajaran matematika menjadi salah satu pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang sekolah. Salah satu kemampuan dalam pembelajaran matematika yang harus dikuasai siswa yaitu kemampuan berpikir kreatif. Namun pada kenyataanya berdasarkan hasil study PISA dan TIMSS, kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bahan ajar bernuansa etnomatematika kawasan Menara Kudus dalam upaya menigkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil dari kajian teori menunjukkan bahwa bahan ajar Problem Based Learning bernuansa etnomatematika kawasan Menara Kudus memiliki peluang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model Problem Based Learning menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga mendorong siswa unuk berpikir kreatif. Pendekatan etnomatematika dapat memudahkan siswa dalam memahami matematika karena berkaitan dengan budaya yang ada di sekitar mereka. Pendekatan etnomatematika yang diterapkan juga membantu siswa dalam mengembangkan imajinasinya sehingga memberikan dampak positif bagi kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, bahan ajar Problem Based Learning bernuansa etnomatematika kawasan Menara Kudus dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Saran yang diberikan yaitu untuk melakukan pengembagan bahan ajar Problem Based Learning bernuansa etnomatematika kawasan Menara Kudus sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.