Meta-Synthesis Peningkatan Literasi Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika
Keywords:
Etnomatematika, Kemampuan Literasi Matematika, Meta-Synthesis, Systematic Literature Review.Abstract
Tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs pada aspek pendidikan berkualitas perlu ditingkatkan lagi oleh Indonesia. Salah satu indikator pada aspek pendidikan berkualitas adalah literasi matematika. Menurut beberapa studi yang telah dilakukan, literasi matematika siswa Indonesia dinilai masih rendah. Salah satu inovasi yang dapat meningkatkan literasi matematika adalah dengan menggunakan pendekatan etnomatematika. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan literasi matematika melalui pendekatan etnomatematika. Penelitian SLR ini menggunakan teknik meta-synthesis. Tahapan SLR yang digunakan meliputi: (1) Identifikasi pertanyaan penelitian, (2) Mengembangkan protokol penelitian systematic review (3) Menetapkan digital library sebagai wilayah pencarian, (4) Screening hasil penelitian yang relevan, (5) Memilih hasil penelitian yang berkualitas, (6) Ekstraksi data dari hasil studi individual, (7) Sintesis menggunakan Meta-Analysis atau Meta-Synthesis, dan (8) Penyajian hasil. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa deskripsi peningkatan literasi matematika melalui pendekatan etnomatematika. Penulisan penelitian ini tentu terdapat keterbatasan, sehingga perlu adanya perbaikan dan pengembangan lebih lanjut melalui penelitian mendatang untuk memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam meningkatkan literasi matematika dan kualitas pendidikan secara keseluruhan.