Systematic Literature Review: Pengaruh Self-Confidence Belajar Matematis Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa

Authors

  • Lubna Rihadatul ‘Aisy Universitas Negeri Semarang
  • Siti Khalimatus Sakdiyah Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

self confidence, kemampuan kognitif

Abstract

Self-confidence atau kepercayaan diri siswa merupakan faktor krusial dalam pembelajaran terutama dalam aspek perkembangan kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh self-confidence belajar matematis terhadap kemampuan kognitif siswa. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini mengkaji 15 artikel dari berbagai sumber, termasuk Google Scholar dan database akademik lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat self-confidence yang tinggi cenderung memiliki kemampuan kognitif yang lebih unggul, sedangkan siswa dengan self-confidence rendah sering menghadapi kendala. Temuan dalam penelitian ini juga mengungkapkan bahwa model pembelajaran dan pendekatan pengajaran yang positif sangat berpengaruh terhadap self-confidence siswa.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles