Peran Peer Feedback dalam Evaluasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus
Keywords:
Klik di sini untuk kata kunci. Setiap kata kunci dipisahkan dengan koma (,)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hasil belajar mahasiswa dengan penerapan peer feedback lebih baik dari hasil belajar mahasiswa tanpa penerapan peerfeedback dalam evaluasi belajar mata kuliah kalkulus. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif, Desain True Experimental Design dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Matematika dengan teknik simple random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel. Metode Pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika mahasiswa yang diajarkan dengan penerapan peer feedback mencapai rata-rata 74,86 lebih besar dari rata-rata hasil belajar matematika mahasiswa yang diajarkan tanpa menerapkan peer feedback dalam perkuliahan yakni sebesar 56,62. Hal ini juga dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) adalah \mathbf{0},\mathbf{001}< 5 %. Nilai tafsiran efektivitas N-Gain kelas eksperimen Cukup Efektif 57,34 % dibandingkan nilai tafsiran efektivitas kelas kontrol 41,24% kategori kurang efektif. Sehingga penggunaan peer feedback dalam perkuliahan mahasiswa pada mata kuliah kalkulus efektif.