Kajian Teori: Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Self-Efficacy pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan LKPD Digital Berbasis Heyzine Flipbook

Authors

  • Maulana Fitrah Arrofit Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi) Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Numerasi, Self-Efficacy, Preprospec Berbantuan TIK, LKPD Digital Berbasis Heyzine Flipbook.

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang berperan penting dalam menciptakan generasi muda yang kompeten dan mampu menjawab tantangan abad ke-21. Generasi muda terutama peserta didik harus memiliki kemampuan yaitu numerasi. Berdasarkan hasil studi Programme for International Student Assesment (PISA) 2022 numerasi peserta didik di Indonesia masih belum optimal. Faktor yang memengaruhi numerasi yaitu self-efficacy. Self-efficacy memiliki peranan penting terhadap numerasi sebagai alat untuk menilai keberhasilan dalam menyelesaikan masalah matematika di kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan numerasi dan self-efficacy yaitu pembelajaran Preprospec berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis Heyzine Flipbook. Model ini merupakan inovasi dari model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK. TIK yang digunakan yaitu LKPD digital berbasis Heyzine Flipbook untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran Preprospec berbantuan LKPD digital berbasis Heyzine Flipbook untuk mengoptimalkan numerasi peserta didik dan self-efficacy.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles