Systematic Literature Review (SLR): Kemampuan Literasi Matematika dalam Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika ditinjau dari Self-Efficacy

Authors

  • Berlian Disi Prasetya Universitas Negeri Semarang
  • Mustofa Mustofa Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Systematic Literature Review, Literasi Matematika, Problem Based Learning, Etnomatematika, Self-Efficacy

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tantangan global. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diprediksi mampu meningkatkan literasi matematika adalah model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika siswa yang ditinjau dari tingkat self-efficacy mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), di mana peneliti mengkaji, mengevaluasi, dan menginterpretasi berbagai penelitian yang relevan dengan fokus utama pada literasi matematika dan self- efficacy. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan literasi matematika siswa serta mampu memperkuat self-efficacy mereka dalam pembelajaran matematika. Model ini berhasil mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan mampu menyelesaikan masalah dengan pendekatan kontekstual yang berbasis pada nilai-nilai budaya lokal.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles