Systematic Literature Review: Integrasi Filsafat Pendidikan dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Aksiologi, Epistemologi, Filsafat Pendidikan, Ontologi, Pembelajaran MatematikaAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana pengintegrasian filsafat pendidikan khusunya ontologi, epistemologi, dan asksiolgi dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Filsafat pendidikan memberikan dasar teoretis yang penting dalam membentuk metode pengajaran, termasuk dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) yang merupakan metode penelitian dengan melakukan identifikasi, peninjauan, pengevaluasian, dan menafsirkan berbagai penelitian terkait dengan tema yang dipilih. Melalui metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini meninjau sejumlah literatur yang relevan untuk mengidentifikasi konsep-konsep filsafat pendidikan yang diterapkan dalam pengajaran matematika, seperti ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Proses tinjauan ini melibatkan pencarian dan analisis kritis terhadap artikel-artikel yang dipublikasikan dalam periode tahun 2020-2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi landasan filsafat berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep matematika, peningkatan kemampuan matematis peserta didik, serta pengembangan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa integrasi filsafat pendidikan dengan pembelajaran matematika mampu memperkaya proses belajar mengajar serta memfasilitasi peserta didik dalam membangun pemahaman yang lebih baik. Studi ini menyarankan agar landasan filsafat diterapkan secara lebih terperinci dalam proses pembelajaran matematika.