Deskripsi proses kognitif numerasi dalam pemecahan masalah matematika konten bilangan study kasus siswa SD di kabupaten Kupang-NTT
Keywords:
Proses kognitif, berhitung, kelipatan persekutuan terkecil, konten bilangan.Abstract
Proses kognitif numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum adalah salah satu aspek serius yang penting
untuk diteliti. Proses kognitif numerasi meliputi tiga tahap yaitu pemahaman, penerapan, dan penalaran. Deskriptif kualitatif adalah jenis penelitian yang digunakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif numerasi dari subjek kategori baik, subjek kategori cukup dan subjek kategori kurang. Tiga subjek yang diteliti berasal dari Sekolah Dasar di daerah Kabupaten Kupang, NTT. Teknik pengambilan subjek dilakukan dengan cara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek kategori baik berada pada tahap penalaran karena subjek mampu memecahkan masalah yang diberikan dalam situasi yang lebih rumit. Sedangkan subjek kategori cukup dan kategori kurang berada pada tahap penerapan karena indikator yang dipenuhi oleh subjek adalah subjek mampu menerapkan pengetahuan serta pemahaman terkait fakta, hubungan, proses, konsep, prosedur, serta metode yang digunakan dalam memecahkan masalah dalam konteks situasi nyata walaupun dengan metode yang terbatas. Soal tes yang diberikan adalah berkaitan dengan materi Kelipatan Persekutuan Terkecil.