Upaya Mengembangkan Literasi matematis melalui Challenge Based on Ethnomathematics Learning

Authors

  • Nur Ivo Karina Zuhri Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Challenge Based Learning, Challenge Based on Ethnomathematics Learning, Etnomatematika, Literasi matematis.

Abstract

Literasi matematis merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataannya, literasi matematis siswa di Indonesia masih berada pada level yang memprihatinkan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan data rendahnya perolehan skor PISA siswa di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukannya inovasi dalam pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan literasi matematis. Challenge based learning dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Pendekatan etnomatematika menciptakan pembelajaran yang bermakna. Model challenge based on ethnomathematics learning dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mengembangkan literasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model challenge based on ethnomathematics learning sebagai upaya mengembangkan literasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan tiga tahap, yaitu organize, synthesize, dan identify pada artikel ilmiah, jurnal, dan beberapa sumber yang relevan dengan penelitian ini. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa challenge based learning dapat meningkatkan literasi matematis siswa dengan adanya challenge yang harus diselesaikan siswa. Pendekatan etnomatematika melibatkan siswa untuk menyelesaikan masalah matematika dengan melibatkan pengetahuan mereka terkait sosial dan budaya mereka, sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna. Kerangka challenge based on ethnomathematics learning yang diintegrasikan dalam pembelajaran bersifat kontekstual dan realistis, sehingga proses belajar dapat lebih bermakna. Dapat disimpulkan bahwa model challenge based on ethnomathematics learning dapat menjadi solusi yang inovatif dalam upaya mengembangkan literasi matematis siswa. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait model challenge based on ethnomathematics learning terhadap literasi matematis siswa.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles