Penguatan Literasi Matematika bagi Guru dan Siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
Keywords:
Literasi matematika, prestasi belajar, Sekolah Indonesia Kuala LumpurAbstract
Sekolah Indonesia Kuala Lumpur berdiri sejak tahun 1969 melayani pendidikan bagi putra putri Indonesia di Malaysia dengan mengacu pada standar pendidikan nasional. Meskipun sekolah ini terletak di luar negeri, namun siswa sekolah tersebut pada hakekatnya adalah bagian dari masyarakat Indonesia dan layak untuk turut merasakan perkembangan teknologi pendidikan yang telah dikembangkan di Indonesia. Kemampuan literasi adalah salah satu yang saat ini dikembangkan di Indonesia mengingat masih rendahnya kemampuan literasi siswa, terkhusus lagi dalam pelajaran matematika. Literasi adalah keterampilan kunci untuk masa depan karena kemampuan literasi yang baik memungkinkan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif. Kegiatan pengabdian ini bermitra dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) yang berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2024. Pada kegiatan ini, tim pengabdi memberikan pelatihan terkait literasi matematika kepada para siswa. Banyak dari siswa yang ada di SIKL masih mengalami kesulitan dalam hal literasi matematika. Kedatangan dan pelatihan yang diberikan oleh tim pengabdi dari FMIPA UNNES sangat disambut baik oleh pihak SIKL. Siswa sangat antusias selama mengikuti kegiatan. Guru juga merasa terbantu dan memperoleh pengetahuan baru terkait literasi matematika dalam pembelajaran.