Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui E-Modul Interaktif dalam Flipbook Terintegrasi Challenge Based Learning
Keywords:
E-Modul Interaktif, Flipbook, Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Abad ke-21 adalah abad yang berlandaskan pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerlukan sumber daya manusia berkualitas unggul dan memiliki daya saing tinggi dalam berbagai bentuk kemampuan, salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan fakta yang ada, kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif adalah belum tersedianya sumber belajar yang mendukung aktivitas dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait e-modul interaktif dalam flipbook terintegrasi challenge based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur dari beberapa artikel. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa e-modul dapat memberikan peningkatan terhadap kemampuan berpikir kreatif. E-modul interaktif dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan kreatif sehingga peserta didik lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. E-modul interaktif dalam flipbook memberikan tampilan menarik yang membuat peserta didik tertarik dan bersemangat dalam mempelajari materi sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Integrasi challenge based learning membantu peserta didik untuk mencari solusi dalam memecahkan tantangan yang ada dengan menerapkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikannya. Inovasi e-modul interaktif dalam flipbook terintegrasi challenge based learning diharapkan dapat menjadi upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif sebagai sumber belajar yang menarik dan menyesuaikan perkembangan teknologi.