Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Suku Baduy sebagai Landasan Budaya Pendidikan

Authors

  • Rizki Hanantri Ramadhan Universitas Negeri Semarang
  • Tasya Nilna Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Ary Woro Kurniasih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Matematika, Etnomatematika, Suku Baduy, Landasan Budaya, Systematic Literature Review.

Abstract

Matematika sering kali dikaitkan dengan angka dan perhitungan, sedangkan matematika memiliki arti yang jauh lebih luas daripada sekedar itu. Banyak orang tidak menyadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita dikelilingi oleh berbagai konsep matematika. Budaya dan matematika memiliki keterkaitan yang erat, di mana matematika yang berkembang melalui aktivitas manusia dalam konteks budaya dikenal sebagai etnomatematika. Suku Baduy merupakan salah satu suku di Indonesia yang menarik untuk dikaji dalam konteks etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature review terkait etnomatematika yang terdapat pada suku baduy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan pengumpulan data melalui pencarian artikel menggunakan kata kunci etnomatematika dan Suku Baduy, yang diterbitkan dalam rentang tahun 2019-2024. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 artikel jurnal nasional yang diperoleh melalui database Google Scholar dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur etnomatematika dalam budaya Suku Baduy dapat ditemukan dalam berbagai aspek, seperti kepercayaan, aktivitas berladang dan berdagang, ulur tenun baduy, bangunan, upacara adat, alat musik, makanan khas, seni kriya, serta budaya lain seperti sistem bilangan dan konsep perhitungan hasil pertanian. Sedangkan konsep matematika yang banyak digunakan pada etnomatematika Suku Baduy adalah konsep geometri. Eksplorasi etnomatematika pada Suku Baduy menawarkan peluang unik untuk mengembangkan pendidikan matematika yang berbasis budaya. Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pemahaman matematika, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian dan penghargaan terhadap budaya lokal. Selain itu, penelitian ini menegaskan potensi etnomatematika sebagai dasar dalam pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai budaya.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles