ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN ELPSA KELAS XI SMA
Keywords:
Literasi Numerasi, Kecemasan matematika, dan model pembelajaran ELPSAAbstract
Literasi numerasi menjadi kemampuan yang sangat diperlukan dalam abad ke – 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas XI SMA yang dipengaruhi oleh tingkat kecemasan matematika, dengan mengacu pada model pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa kelas XI J dan guru matematika kelas XI J melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner), tes, dan wawancara. Validitas data diuji menggunakan triangulasi, pengecekan anggota, dan kecukupan referensi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kecemasan matematika dan kemampuan literasi numerasi siswa. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika yang lebih rendah cenderung memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik. Selain itu, model pembelajaran ELPSA terbukti efektif dalam meningkatkan literasi numerasi siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan literasi numerasi siswa.