Penggunaan Wordwall Website Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Authors

  • Siti Lisa Bitasmi’ah Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Problem Based Learning, Wordwall Website.

Abstract

Matematika sebagai ilmu dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa dimulai dari tingkatan sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Pembelajaran matematika memiliki tujuan untuk mengembangkan siswa dalam berpikir secara logis, analitis, sistematis dan kritis. Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pengajaran yang menghadirkan situasi dunia nyata dalam proses belajar dengan maksud untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran yang interaktif. Pembelajaran interaktif menggunakan Wordwall memungkinkan guru untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik dan menantang, sehingga siswa lebih terlibat aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan Wordwall dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penyusunan artikel ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) di mana artikel yang dikumpulkan hanya artikel yang dipublikasikan dalam rentang maksimal 5 tahun terakhir (2019-2024). Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan Wordwall Website pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles