SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Keywords:
pembelajaran kolaboratif, pemecahan masalah kontekstual, pembelajaran matematika.Abstract
Salah satu aspek penting dari kemampuan siswa dalam matematika adalah kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah. Collaborative learning, sebuah bentuk interaksi sosial dan kerja sama antara orang-orang, adalah salah satu pendekatan pendidikan yang digunakan dalam matematika untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah serta keterampilan sosial siswa yang dipengaruhi oleh penerapan collaborative learning dalam pembelajaran matematika. Sistematic Literature Review (SLR) adalah metodologi penelitian yang digunakan, yang dilakukan dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasikan berbagai penelitian yang terkait dengan masalah yang akan dibahas. Menurut hasil penelitian, collaborative learning memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam matematika. Selain meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah, collaborative learning juga menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial mereka karena jenis belajar ini dilakukan dalam kelompok, siswa yang diharuskan untuk berpartisipasi secara aktiva dalam proses pembelajaran. Dalam proses collaborative learning, siswa dapat berbagi ide, keahlian, keterampilan, dan pendapat mereka sendiri. Dengan demikian, collaborative learning memiliki keterkaitan terhadap landasan sosial pendidikan.