Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) bernuansa Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Kerucut
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Etnomatematika, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui model PBL bernuansa etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang kerucut. Jumlah sampel pada penelitian ini 20 siswa kelas IX SMP Islam Salakbrojo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain The Group Pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Salakbrojo Kabupaten Pekalongan. Pengumpulan data yang digunakan tes kemampuan berpikir kreatif bernuansa etnomatematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired t-test. Hasil penelitian ini adalah 1) hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai thitung < ttabel atau 6,375 < 2,09302 maka H0 ditolak yang berarti kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model PBL bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang kerucut, 2) hasil uji peningkatan rata-rata (N-gain) menunjukkan bahwa siswa kelas IX SMP Islam Salakbrojo yaitu 47,47 termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata pretest siswa sebesar 76,35 dan rata-rata posttest sebesar 87,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berfikir kreatif melalui model pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kerucut di SMP Islam Salakbrojo.