Penguatan Kompetensi Siswa Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Authors

  • Iqbal Kharisudin Universitas Negeri Semarang
  • Virgania Sari Universitas Negeri Semarang
  • Detalia Noriza Munahefi Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Iqbal Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pembelajaran matematika, pemecahan malasah, penguatan kompetensi, OSN, ICARE

Abstract

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur berdiri sejak tahun 1969 melayani pendidikan bagi putra putri Indonesia di Malaysia dengan mengacu pada standar pendidikan nasional. Meskipun sekolah ini terletak di luar negeri, namun siswa sekolah tersebut pada hakekatnya adalah bagian dari masyarakat Indonesia dan layak untuk turut merasakan perkembangan teknologi pendidikan yang telah dikembangkan di Indonesia, termasuk kegiatan kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kurangnya motivasi, kemampuan serta keterampilan siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dalam menyelesaikan soal OSN matematika yang terkesan sulit berakibat pada sedikitnya siswa yang berprestasi di bidang OSN matematika. Pengenalan terhadap soal pemecahan masalah merupakan langkah awal untuk para siswa belajar kompetisi matematika, memupuk motivasi, sekaligus memfasilitasi siswa berbakat matematika. Metode ICARE merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan rasa ingin tahu dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pemecahan masalah matematika sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam kompetisi OSN matematika. Metode ICARE membantu siswa memahami konsep matematika secara bertahap, menerapkannya dalam soal kompleks, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta kreatif. Penerapannya dalam penguatan kompetensi siswa untuk Olimpiade Sains Nasional di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur berhasil menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan produktif.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles