Upaya Peningkatan Literasi Matematika PISA untuk Mempersiapkan AKM Asesmen Nasional bagi Guru-guru SMPN 20 Semarang Melalui Pembelajaran STEM-PMRI dan Aplikasi Learning Management System
Keywords:
Literasi, STEM, PMRI Classroom, AKMAbstract
Peningkatan literasi matematika merupakan fokus utama dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai salah satu komponen Asesmen Nasional. Untuk mengatasi hal ini, upaya yang dilakukan adalah dengan melibatkan para guru di SMPN 20 Semarang melalui penerapan kurikulum STEM-PMRI (Science, Technology, Engineering, Mathematics-Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dan penggunaan Learning Management System (LMS). Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan konteks dunia nyata ke dalam pelajaran matematika sesuai dengan standar PISA (Program for International Student Assessment). Program ini juga bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan teknologi di dalam kelas untuk memberikan pengajaran yang lebih efektif. Melalui pelatihan yang komprehensif, para guru dilatih untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan STEM-PMRI dan menggunakan Learning Management System (LMS) untuk tujuan penugasan dan penerimaan materi siswa. Selain itu, pembahasan topik-topik berbasis PISA dan simulasi AKM melalui LMS juga disertakan.