Digitalisasi Pembelajaran Berbasis Produk Teknologi Asistif untuk Mendukung Pertumbuhan Kreativitas Matematis Siswa SLB Tunarungu: Studi Kasus di Jawa Tengah
Keywords:
Digitalisasi Pembelajaran Matematika, SLB, TunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji pelaksanaan hilirisasi dalam digitalisasi pembelajaran berbasis teknologi asistif yang bertujuan mendukung kreativitas matematis siswa SLB Tunarungu di Jawa Tengah; dan (2) mengamati pertumbuhan kreativitas matematis siswa Tunarungu setelah penerapan digitalisasi pembelajaran berbasis teknologi asistif. Metode: Tujuan ke-1, digunakan Mixed Method yakni Kuantitatif dengan uji-t dan Kualitatif dengan memilih 6 guru SLB dari peserta hilirisasi. Pencapaian tujuan ke-2, digunakan Mixed Method juga yakni Single Subject Research (SSR) dan pendekatan Kualitatif. Analisis data SSR menggunakan Reversal Design A-B, pada kualitatifnya, Subjek Penelitiannya, 6 siswa yang diambil dua-dua dari 3 SLBN di Kendal, Ungaran, dan Sukoharjo, yang analisis datanya: reduksi data, paparan data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil: (1) Ada hasil pelaksanaan hilirisasi tentang Digitalisasi pembelajaran berbasis produk teknologi asistif, dengan mean 86,5. Guru-guru menyambut positif, atas kehadiran digitalisasi pembelajaran di SLB. 2) Kreativitas Matematis siswa Tunarungu SLBN bisa tumbuh setelah diterapkannya digitalisasi produk pembelajaran berbasis produk teknologi asistif ini. Para siswa juga suka dengan kehadiran pembelajaran digital. Artikel ini disusun bedasarkan penelitian yang didanai DIPA UNNES tahun 2024.