Penguatan Literasi Matematika Siswa Sanggar Belajar SIKL Melalui Penerapan Matematika pada Lingkungan Sekitar

Authors

  • Tri Sri Noor Asih Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Habiburrohman Universitas Negeri Semarang
  • Ratna Nur Mustika Sanusi Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nur Cahyono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

literasi matematika, SIKL, sanggar belajar penerapan, pengabdian kepada masyarakat.

Abstract

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) berdiri sejak tahun 1969 melayani pendidikan bagi putra putri Indonesia di Malaysia dengan mengacu pada standar pendidikan nasional. Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat,  dosen matematika Universitas Negeri Semarang melaksanakan kegiatan penguatan literasi matematika siswa pada unit pembelajaran informal SIKL yaitu  Sanggar Belajar Sentul. Dalam kegiatan tersebut siswa siswi Sanggar Belajar Sentul diajak untuk menerapkan Matematika pada lingkungan sekitarnya. Beberapa konsep Matematika seperti teknik pengukuran, konsep keliling dan luas bangun datar, serta beberapa teknik dasar berhitung diajarkan oleh tim pengabdi. Kehadiran tim pengabdi Universitas Negeri Semarang telah memberikan suasa belajar yang baru bagi siswa siswi di Sanggar Belajar tersebut.

Downloads

Published

2025-05-24

Issue

Section

Articles