Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Based Learning Terintegrasi STEM Berbantuan Geogebra
Keywords:
Geogebra, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, STEM.Abstract
Salah tahu kemampuan yang penting untuk dioptimalkan dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Meskipun demikian, kenyataannya menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik saat masih relatif kurang. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan keefektifan proses pembelajaran sangat penting untuk menggabungkan teknologi, model, dan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh ketika problem based learning dan STEM digabungkan serta dengan bantuan media Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Desain inovasi pembelajaran diteliti menggunakan studi literatur dengan tiga tahap yaitu organize, synthesize, dan identify. Pembahasan topik yang dibahas dalam artikel ini bersumber dari buku, jurnal, publikasi, artikel, dan sumber ilmiah lainnya. Data yang dikumpulkan, dianalisis dan disimpulkan untuk membuat rencana pembelajaran inovatif guna mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan studi literatur, diperoleh bahwa implementasi problem based learning dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu dengan mengintegrasikan STEM dengan problem based learning, peserta didik dapat belajar bagaimana memecahkan masalah dunia nyata yang dapat membantu mereka untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritisnya. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi juga berpotensi untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis, salah satunya adalah Geogebra. Geogebra dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah sehingga kemampuan berpikir kritisnya dapat dioptimalkan.